[DIARY] 20230326 Odading

Sekitar jam 2:46 pagi barusan gwa kebangun dan langsung denger mang mang yang jualan keliling di sekitar kos gwa. Dia jualan odading keliling sambil nyebut ‘odading’. Pas dengerin itu barusan bagian dari diri gwa bener-bener tersentuh sekaligus kagum, jam segini dia udah jualan kalau gwa di posisi mang tadi keknya gwa ga bakalan sekuat beliau. Mungkin ada beberapa respon ya kalau orang denger ada orang yang jualan subuh-subuh jam 2-3 an pagi gitu. Kurang masuk akal juga sebenernya, tapi bisa masuk akal juga karena yang muslim mau sahur. Mungkin bakal ada orang yang mikir aneh-aneh kayak ga mungkin yang jualan itu adalah manusia.

Gwa ga mikir yang aneh-aneh, bayangin itu orang beneran yang hidupnya cuman bergantung sama jualan odading yang gwa yakin untungnya ga seberapa. Jujur banget gwa ga tega dan mikir apa yang bisa gwa lakukan buat orang-orang macam mang ini. Gwa merasa ada tanggung jawab moral untuk bantu orang-orang seperti mang ini, cuman jujur gwa ga kepikiran cara lain untuk bantu selain dengan uang dan doa.

Kejadian ini bikin gwa juga mikir, setega inikah Tuhan? Gwa sadar kok ga bener kalau bawa-bawa Tuhan dalam kasus ini. Cuman gwa sadar aja yang punya power untuk mengubah nasib orang-orang seperti mang ini adalah Tuhan sendiri. Gwa tahu kalau untuk mencapai sesuatu itu juga harus ada effortnya, toh mang tadi di saat orang lain sedang tidur dia jualan odading, dan gwa ga tau poin apa dari usahanya yang kurang atau belum tercapai sehingga dia harus jualan odading subuh-subuh begini.

Gwa pernah ditanya sama orang tentang kepercayaan gwa, dia kebetulan ga percaya sama keberadaan Tuhan. Dia pernah jelasin kalau Tuhan ada bukannya keberadaannya itu harusnya membuat semuanya mudah? Gwa sebagai orang yang berkeyakinan ga bisa jawab saat itu karena gwa pun juga masih bertanya tentang keterkaitan keberadaan Tuhan dan keadilan yang Tuhan sebut. Gw simply percaya Tuhan ada karena keberadaan alam semesta yang semegah ini.

Gwa bukan di posisi yang kasihan sama bapak tadi. Kalau kata anak-anak WayV lebih ke respect yang bertubi-tubi karena usaha yang telah dia lakukan, gwa yakin kalau jiwa gwa disuruh buat ngasih effort seperti mang tadi gwa jamin ga bakalan sekuat mang tadi.

Dari kejadian ini bener-bener bikin gwa mikir lagi sebenernya apa yang gwa cari dan ya sebenernya siapapun yang nanya ke gwa tentang pertanyaan itu jawaban gwa selalu satu “berguna bagi orang sekitar”. Sebagai umat Islam mestinya jawab buat Allah gitu kan. Cuman dari lubuk hati gwa yang paling kecil tujuan gwa pengen hidup setidaknya lebih dari rata-rata adalah biar bisa ngebantu orang-orang yang ada di sekitar gwa. Mungkin bagi beberapa orang tujuan gwa ini terdengar klasik banget dan beberapa orang mungkin bakal nge-“cuih”.

Leave a comment